Sunday, March 10, 2019

Utaite (歌い手)



apa itu Utaite? Utaite (歌い手) adalah istilah bahasa Jepang untuk orang-orang yang mengcover lagu yang sudah pernah dirilis sebelumnya dan mempostingnya di Nico Nico Douga dan YouTube di dalam kategori utattemita. Istilah "utaite" itu yang membuat unik untuk penyanyi Nico Nico Douga dan membuatnya berbeda dari Kashu (歌手), yang berarti "penyanyi" pada umumnya.

Umumnya, para Utaite mengcover lagu untuk lagu-lagu asli VOCALOID, Anisong, lagu-lagu game, dan J-Pop. Mereka juga melakukan parodi dengan lirik yang berbeda untuk lagu-lagu populer, yang bertujuan untuk hiburan, Dalam cover-cover lagunya, utaite menggunakan ilustrasi karakter masing-masing. Bahkan beberapa utaite tidak mau wajahnya diketahui publik.

Kebanyakan utaite secara eksklusif mengcover lagu dan mengunggah di dalam bagian utattemita, namun beberapa di antaranya merilis album CD yang berisi lagu coveran mereka secara self publish di dalam circle doujin mereka selama acara seperti Comic Market dan Vocaloid M@ster, atau yang sering disebut sebagai Comiket dan VoMas. Beberapa utaite juga telah menjadi penyanyi profesional, mereka merilis album mereka di bawah major label. Beberapa contohnya adalah Valshe, Viko, Nano. ada juga yang membentuk grup dan merilis album bersama, contohnya rootfive (√5).

Utaite ini ada banyak sekali golongannya. Secara resmi, mereka terbagi menjadi 4. 
Apa saja? golongannya adalah Normal utaite, Ryoserui (trap) Utaite, Rapper, dan Producer. 

1. Normal Utaite
'Normal' Utaite adalah utaite yang tidak termasuk dari golongan apapun. Maksudnya? Ya mereka hanya menggunakan 1 jenis suara yang sama di setiap lagu. Mereka men-cover lagu-lagu vocaloid dan terkadang J-Pop. Contoh: Clear, ShounenT, Soraru, Wotamin, Hanatan, dll.

 
2. Ryoserui(trap) Utaite
Kalau Ryoserui itu bisa cover lagu dengan 2 jenis suara cewek dan cowok. Kalian tahu seiyuu-nya Naruto kan? Nah, di Indonesia dan Jepang mereka sama-sama seorang perempuan. Seperti itulah Ryoserui. Untuk yang cewek bisa menyanyi dengan suara cowok, begitu pula sebaliknya.  
Contoh : Nano, Valshe, Piko, VipTenchou, Sekihan, 96Neko, Kogeinu, dll.

 
3. Rapper
Dari  namanya aja udah kelihatan kan ya? Rapper adalah orang biasanya menulis lirik Rap untuk lagu Vocaloid. Atau juga bisa menyanyikan lagu dan menggubahnya menjadi Rap. Contoh :  Hashiyan, Nqrse, Yoppei, Alilem, Rap-bit, dll.

 
4. Producer
Terakhir, Producer utaite. Ada penyanyi, tentu ada produser kan? Producer adalah orang-orang yang biasanya membuat lagu untuk Vocaloid. Producer juga kadang-kadang menyanyikan lagu buatan mereka maupun produser lain . Walaupun dia sebenernya Normal yang merangkap jadi Producer, tapi tetep aja tergolong Producer.  biasanya mereka suka memakai akhiran "-P" Contoh : Koma'n, Halyoshi, Tourai (ryuusei-P), Yuuto, 40meterP, dll.

 
Utaite itu banyak banget loh~!!!
beberapa nama list utaite dapat anda lihat disini

ngomong-ngomong Indonesia juga punya loh utaitenya sendiri seperti Hope, Doushi, Minchi, Sayuko, Bun, Harucchi, dll. https://youtu.be/x06omhtfW6g



Kita harus bangga dong, karena mereka merupakan perwakilan utaite dari Indonesia ^-^)/~
Author : 
Krauzerx
Sumber : 
Utaite wikia
InternetSoundcloud

No comments:

Post a Comment